Tugas 1 Perkembangan Internet, Mata Kuliah Jaringan Informasi Digital, D3 Perpustakaan, Yang Dibina Oleh Moh. Safii, S.Kom

Published Januari 21, 2012 by refiana92

Sejarah dan Perkembangan Internet

ARTIKEL Tanggal: 13 Agustus 2004

Sumber : http://www.techiwarehouse.com

Artikel 2

Asal usul Internet dapat ditelusuri ke peluncuran satelit bumi buatan pertama. Pada tahun 1957, Uni Soviet, Sputnik berhasil meluncurkan, dan Amerika Serikat menanggapi dengan ARPA. Para Advanced Research Projects Agency dimulai oleh Departemen Pertahanan untuk membangun supremasi AS di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlaku untuk militer. Menurut ARPA bahwa benih untuk Internet hari ini adalah menabur.

Internet, secara luas memiliki kemampuan penyiaran di seluruh dunia, menjadi sebuah mekanisme untuk penyebaran informasi, dan media untuk kolaborasi dan interaksi antara individu dan komputer mereka tanpa memperhatikan lokasi geografis, memiliki asal-usul dalam teknologi packet-switching. Pada tahun 1961, Leonard Klienrock mempresentasikan makalah pertama pada paket-switching. Konsep mampu untuk mentransfer data dalam paket adalah inti dari Internet.

Selama awal tahun enam puluhan, J.C.R. Licklider dan W. Clark berbicara tentang konsep “Galactic Network”. Licklider membayangkan satu set komputer global yang saling berhubungan dimana setiap orang dapat akses data dan program dari situs manapun. Sama seperti apa internet hari ini. Sekitar 1962, di AS Pemerintah lembaga RAND, Paul Baran diberi tugas menciptakan jaringan ulet super, yang akan memungkinkan tentara AS untuk berkomunikasi, dan mempertahankan kontrol atas rudal dan pesawat pembom, dalam peristiwa serangan nuklir. Proposal akhirnya adalah sebuah jaringan packet-switched. Teknologi ini melibatkan mogok data menjadi paket-paket yang akan ditransfer dari satu komputer ke komputer yang lain sampai komputer tujuan akhir tercapai. Juga jika ada data yang hilang, itu akan dikirim ulang.

Sekitar pertengahan tahun enam puluhan, dua komputer yang terletak di wilayah geografis yang berbeda di AS dihubungkan menggunakan line 1200 bps telepon. Tapi ini dilakukan tanpa menggunakan packet-switching. Dalam waktu dua tahun ini, kertas desain pertama untuk ARPANET, cikal bakal Internet dipresentasikan oleh Larry Roberts. ARPA mendapat kontrak untuk ARPANET untuk BBN, yang membangun jaringan fisik dari empat node, University of California di Los Angeles, SRI (di Stanford), University of California di Santa Barbara, dan University of Utah, pada tahun 1969.

Sementara itu Vint Cerf, CS Carr dan S. Crocker bekerja pada protokol penting untuk ARPANET, keluar dengan host asli ke host protokol komunikasi, yang disebut Control Protocol Jaringan. Dan kemudian host ARPANET mulai menggunakan Network Control Protokol ini. Bekerja untuk ARPANET, Ray Tomlinson pada tahun 1971 datang dengan program email pertama, untuk mengirim pesan melalui jaringan. Ini menjadi hit instan, dengan tanda @ dari Model Tomlinson itu 33 Teletype yang dipilih untuk mewakili “di”. Pada tahun yang sama, Larry Roberts menulis manajemen program email pertama yang bisa daftar, membaca, file, forward dan merespon pesan.

Pada tahun 1972, ARPA ini berganti nama DARPA, Pertahanan Lanjut Research Projects Agency. ARPANET menggunakan Control Protocol Jaringan itu memungkinkan komunikasi antara host-nya. Pada tahun berikutnya, ARPANET memiliki koneksi pertama internasional, dengan University of London (Inggris) dan NORSAR (Norwegia). Pada tahun yang sama, konsep Ethernet lahir setelah Bob Metcalf tesis PhD Harvard. Sementara itu Vint Cerf, Maret tahun yang sama, sketsa arsitektur gateway untuk ARPANET, di bagian belakang amplop, di lobi Hotel San Francisco. Cerf dan Bob Kahn, kemudian disajikan konsep dasar internet pada jaringan Kelompok Kerja Internasional.

Dampak langsung adalah pembangunan dimulai pada protokol yang kemudian disebut TCP / IP atau Transmission Control Protokol / Internet Protocol. Pekerjaan pembangunan dipimpin oleh Vinton Cerf dari Stanford dan Bob Kahn dari DARPA. Pada tahun 1974, mereka menerbitkan “Sebuah Protokol untuk Interkoneksi Jaringan Packet” yang bersama dengan merinci keluar TCP, juga untuk pertama kalinya digunakan ‘Internet’ istilah. Pada tahun yang sama versi komersial pertama dari ARPANET, Telenet dibuka oleh BBN. Pada tahun 1975, link satelit terhubung Hawaii dan Inggris sebagai tes TCP pertama dijalankan melalui mereka oleh Stanford, BBN dan UCL.

Tahun 1976 ditandai dengan email pertama yang dikirim oleh Elizabeth II, Ratu Inggris, pada bulan Februari. Seperti juga dengan perkembangan akhir dari Ethernet oleh Robert Metcalfe, yang akan memungkinkan data untuk bergerak sangat cepat. Di depan internet etiket, pada 12 April 1978, Kevin MacKenzie menyarankan penggunaan -) untuk menunjukkan bahwa kalimat dalam email adalah lidah-di-pipi. Dan dengan ini, emoticon lahir.

Tahun 1979 melihat pembentukan kelompok desentralisasi berita USENET dan ‘store and forward’ BITNET jaringan. ARPANET sepenuhnya bergeser ke TCP / IP, pada tahun 1983, sehingga protokol internet inti, dan menggantikan NCP (Network Control Protocol) seluruhnya. Pada tahun yang sama University of Wisconsin mengembangkan Domain Name System (DNS), yang membuatnya lebih mudah bagi orang untuk mengakses server, karena mereka tidak perlu lagi mengingat nomor. Dan pada tahun 1985, symbolics.com ditugaskan, untuk menjadi domain terdaftar pertama. Dengan nama domain pendaftaran penangkapan, pada tahun 1988 Internet Assigned Numbers Authority didirikan dengan John Postel sebagai kepala. Sekitar waktu itu, Jarkko Oikarinen mengembangkan Internet Relay Chat (IRC).

Awal 1990-an melihat penyedia komersial pertama dari Internet dial-up akses, world.std.com. Dalam setahun Tim Berners-Lee mengembangkan World Wide Web (WWW). Sekarang ARPANET telah dibubarkan dan diganti dengan NFSNET tersebut. Dan pada tahun 1991, lalu lintas NFSNET lewat 10 triliun byte / bulan dan paket 10 miliar / bulan. Pada fase ini perhatian yang tinggi ke Internet, Jean Armour Polly menciptakan istilah ‘surfing di Internet. Pada tahun yang sama merilis World Wide Web oleh CREN (Corporation untuk Riset dan Jaringan Pendidikan). Dalam waktu dua tahun, InterNIC diciptakan untuk menyediakan layanan direktori / database, pendaftaran dan informasi untuk Internet. Tahun itu juga melihat Whitehouse dan Perserikatan Bangsa-Bangsa datang online.

Tahun 1994 melihat kedatangan pusat perbelanjaan di Internet, bersama dengan cyberstation pertama (RT-FM) dan pengiriman pizza online dengan Pizza Hut. Selama tahun ini, ratusan ribu host baru ditambahkan ke Internet. 1995 adalah tahun ketika JAWA diluncurkan, teknologi streaming audio memukul berkat Internet untuk RealAudio dan WWW menjadi layanan dengan lalu lintas terbesar. Pendaftaran nama domain, yang sebelumnya bebas, sekarang dibutuhkan biaya sebesar $ 50 per tahun.

Pertengahan tahun 90an melihat munculnya mesin pencari, dan perang browser antara Netscape dan Microsoft mulai dengan sungguh-sungguh. Pada 17 Januari 1996, Pemimpin PLO Yasser Arafat, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dan Presiden Filipina Fidel Ramos bertemu untuk mengobrol sepuluh menit interaktif online. Ini ditandai dengan jelas kekuatan dan pengaruh Internet pada seluruh dunia.

90-an melihat Penyedia Layanan Internet independen seperti AT & T, Sprint, BBN planet dll membawa sebagian besar lalu lintas internet pada tulang punggung mereka. Teknologi seperti Push, Multicasting dan Media Streaming diberlakukan. Pada tahun 1999 bank layanan penuh pertama hanya tersedia di Internet muncul menjadi ada. Itu tahun yang sama business.com dijual US $ kekalahan 7,5 juta. Sekitar kali ini e-Trade, online banking dan MP3 telah menjadi populer.

Yang membawa kita ke saat ini. Tidak hanya dia bertahan hidup internet Y2K, pengaruh dan penggunaan meningkat, dan masih meningkat, pada tingkat pikiran-boggling. Dengan perkiraan 200 juta pengguna pada tahun 2000, masa depan terbuka lebar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: